lomba memeriahkan HUT kemerdekaan RI

Lomba Virtual Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75

Lomba Virtual Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75 1241 1754 admin

Dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang ke-75, SMP dan Pesantren Bumi Cendekia menyelenggarakan lomba virtual untuk para santri. Lomba dilaksanakan secara virtual karena kondisi pandemi COVID-19 dan santri masih belajar dari rumah.

Lomba-lomba tersebut dilaksanakan pada tanggal 14-17 Agustus 2020. Adapun cabang yang dilombakan adalah lomba menulis tentang kemerdekaan, lomba foto selfie kemerdekaan, lomba tiktok kemerdekaan, lomba membaca puisi, pidato atau orasi kemerdekaan, dan lomba poster kemerdekaan.

Lomba menulis kemerdekaan yang dikawal oleh Ibu Clara sebagai juri mensyaratkan para peserta untuk menulis sepanjang 750-1500 kata. Sedangkan lomba baca puisi, pidato, atau orasi yang dikawal Bapak Acep mensyaratkan adanya ekspresi dan vokal yang kentara. Khusus untuk pidato atau orasi, ada ketentuan durasi minimal 5 menit dan maksimal 10 menit.

Sementara itu dalam rangka penjurian, untuk lomba foto selfie kemerdekaan mensyaratkan agar foto diunggah ke platform Instagram, di mana setiap peserta wajib mengikuti akun kedua juri lomba yaitu Ibu Pertiwi Dwi Lestari dan Ibu Indana Khorun Nida, juga akun SMP dan pesantren Bumi Cendekia. Selain itu, disetiap foto yang diunggah untuk dilombakan wajib menyebutkan ketiga akun tersebut dalam caption foto.

Berbeda dengan lomba tiktok kemerdekaan yang tidak mengharuskan karya diunggah ke media sosial; syarat video tiktok yang diikutsertakan pada lomba justru adalah video yang belum pernah dipublikasikan. Selain itu, Ibu Ainatu Masrurin selaku juri lomba mempersilahkan peserta untuk berkolaborasi.

Untuk lomba poster, Ibu Lakhaula Sahrotul Aulia sebagai juri mempersilahkan kepada para peserta yang berpartisipasi untuk memilih media poster; yaitu media kertas atau media digital. Meskipun pengiriman karyanya tetap menggunakan media digital.

Para pemenang lomba ini sendiri akan diumumkan pada Kamis malam, tanggal 20 Agustus 2020 bertepatan dengan acara selapanan rutin sekaligus menyambut tahun baru hijriah 1442 H. [Admin]