Profil

Sekolah Bumi Cendekia adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mengintegrasikan pendidikan formal tingkat menengah dengan pendidikan keagamaan pesantren. Sekolah ini didirikan oleh Yayasan Bumi Aswaja Yogyakarta pada tahun 2018.

Anak didik di Sekolah Bumi Cendekia tinggal di asrama di lingkungan sekolah dan mendapatkan pendidikan umum dan keagamaan yang dipandu oleh prinsip-prinsip keagamaan Islam rahmatan lil alamin yang bersifat moderat, toleran, berimbang, dan adil.

SMP dan Pesantren Bumi Cendekia berkomitmen untuk menyediakan sistem pendidikan yang menekankan pada pengalaman dan praktek (experiencial learning) dan peduli terhadap potensi unik setiap anak didik.

Lembaga Pendidikan ini juga didesain untuk menyiapkan peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang lebih lanjut ke berbagai sekolah bertaraf nasional dan internasional.

Selain itu, kurikulum yang digunakan adalah mengkombinasikan pendidikan formal (integrasi kurikulum nasional, Cambridge, STEM Project dan Lego Education) dan adaptasi model madrasah diniyah di pesantren, SMP Bumi Cendekia fokus pada tercapainya keunggulan santri dalam tiga aspek berikut.

Keunggulan akademik dalam bentuk nilai ujian nasional yang kompetitif, penguasaan basis pengetahuan untuk sains dan teknologi yang menekankan pada aspek penalaran dan terapan seperti robotik, teknologi digital, astronomi, ilmu bumi.

Keunggulan karakter yang menekankan pada tersedianya lingkungan dan pendampingan yang bisa membentuk empat dimensi karakter relasional santri: (1) hablum minallah (relasi dengan Allah: saleh, ihlas, tawakkal), (2) hablum minannafs (relasi dengan diri: iffah, ksatria, riyadhah), (3) hablum minannas  (relasi dengan manusia: amanah, jujur, tawadhu), dan (4) hablum minal alam (hubungan dengan alam: nasionalisme dan peduli kelestarian lingkungan).

Keunggulan keahlian dalam komunikasi bahasa Arab dan Inggris, membaca kitab kuning, dan pengamalan kultur Aswaja seperti membaca solawat, zikir, tahfizul Qur’an dan kesenian dan bela diri santri (silat).

Semua tenaga pendidik formal SMP dan Pesantren Bumi Cendekia mempunyai pengalaman di sekolah-sekolah unggulan dan internasional.

Pendidikan kepesantrenan akan dikelola oleh tenaga pendidik hafiz/hafizah dan ustadz yang berpengalaman di madrasah diniyah pesantren.

Pendidikan di SMP dan Pesantren Bumi Cendekia juga didukung oleh “jaringan pengetahuan” yang terhubung dengan pusat-pusat kebudayaan, keagamaan, laboratorium, dan industri kreatif di Yogyakarta dan luar negeri.

Lokasi Sekolah Bumi Cendekia berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Para santri akan tinggal di asrama yang sehat, dilengkapi fasilitas IT dan ramah terhadap lingkungan.

Fasilitas di asrama terdapat kamar mandi shower, tempat tidur (susun) dan lemari untuk masing-masing santri.

Sekolah ini juga dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan, laboratorium, rumah kebudayaan dan fasilitas olahraga yang memadahi.